Kamis, 18 Februari 2016

Mengenal Tanda Tanda Terjaddinya Petir



Mengenal Tanda – Tanda Terjadinya Petir



Musim penghujan merupakan periode saat hujan turun dengan maksimal. Musim penghujan mulai terjadi pada bulan november hingga februari seperti saat ini. Hujan membawa manfaat untuk masyarakat terutama bagi kalangan petani. Dengan turunya hujan akan membantu petani untuk mengairi lahan pertanian dan menyimpan cadangan air untuk menghadapi musim kemarau.

Namun datangnya musim hujan juga disertai dengan fenomena cuaca lainya yaitu petir. Petir adalah peristiwa terjadinya perpindahan muatan negatif (elektron) menuju ke muatan positif (proton). Perpindahan muatan ini disertai dengan lompatan bunga api yang bermuatan listrik. tegangan pada petir dapat mencapai 1000.000 volt atau 4500 kali lebih besar daripada tegangan listrik rumahan.

Petir dapat digolongkan menjadi empat macam berdasarkan arah sambaranya yaitu petir dari awan ke tanah, petir dalam awan, petir antar awan, petir awan ke udara. Semua macam petir tersebut berbahaya bagi manusia tetapi petir yang sering membahayakan manusia adalah petir dari awan ke tanah. Hampir di setiap wilayah petir mengakibatkan korban jiwa yang tidak sedikit. Kebanyakan  korban dari sambaran petir adalah para petani dan penggembala yang sedang bekerja di ladang atau tempat terbuka. 

Sebenarnya kejadian seperti itu dapat diantisipasi dengan melihat gejala alam. Petir hanya disebabkan oleh perpindahan muatan dari Awan Cumulonimbus atau awan Cb. Awan Cumulonimbus memiliki ciri – ciri berbentuk bergumpal - gumpal seperti bunga kol, berwarna putih kelabu dan dapat berubah menjadi semakin kelabu ketika hujan akan turun. Kemudian apabila terjadi hujan yang turun secara tiba – tiba (shower rain), dapat dipastikan disekitar tempat tersebut terdapat awan Cumulonimbus. Selain itu awan ini juga menyebabkan angin yang bertiup tiba – tiba dan berganti – ganti arahnya. Apabila gejala – gejala cuaca tersebut terjadi sebaiknya para petani dan penggembala tidak perlu berangkat ke sawah dan ladang demi keselamatan jiwa mereka.

“Takdir dan Umur itu memang di tangan Allah, tapi hidup aman dan tentram itu Pilihan”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar